Waspada! Penipuan Berlabel Telkomsel untuk Pengguna Kartu Halo

by -1 Views
Suara Flores

SUARAFLORES.NET – Kamis (30/8/2018) seorang warga pelanggan kartu hallo di telepon seorang pria yang mengaku karyawan telkomsel di Jakarta. Kepada pengguna kartu halo, karyawan telkomsel ini menawarkan paket gratis untuk beberapa bulan dengan beberapa persyaratan.

Sebut saja Intus, salah seorang warga di Maumere, kabupaten Sikka, Pulau Flores, NTT yang nyaris jadi korban penipuan. Awal percakapan, pria yang sudah diketahui bernama Haji Gunawan Jakarta ini tak memperkenalkan diri. Ia hanya menyebut dari Telkomsel Jakarta.

Intus pun merespon baik dan berupaya berkomunikasi dengan Gunawan atas tawaran paket gratis tersebut. Namun, modus penipuan yang dibangun Haji Gunawan sudah diketahui oleh Intus, salah satu aktivis NGO di kabupaten Sikka ini.

Berikut kutipan komunikasi tawaran paket gratis yang direkam SuaraFlores.Net, (30/8/2018).

“Selamat siang pak, ini dari Telkomsel Jakarta pak, mau tawarkan paket gratis pak untuk sebulan pak. Kalau mau pak, kami sampaikan beberapa syaratnya pak. Nanti kami kirimkan kode (sandi) pak, lalu ikut petunjuk yang kami sampaikan pak,” kata Haji Gunawan.

“Selamat siang juga pak. Terima kasih tawaran paket gratisnya, saya senang sekali, kebetulan saya juga butuh paket data pak. Caranya gimana pak. Ini dengan Pak Haji Gunawan kan,” Jawab Intus.

Baca juga: Solor Barat Dalam Balutan Keindahan Alam yang “Masih Tidur”

Menurut Intus, si Gunawan rupaya kaget ketika mendengar bahwa Intus telah mengetahui identitasnya sebelum ia memberitahu namanya. Percakapan tawaran paket gratis berlanjut hingga pria yang mengaku karyawan Telksomsel tersebut mematikan teleponnya.

“Nanti setelah ini kami kirimkan kodenya pak. Lalu ikuti panduan kami pak. Dari mana pak tahu nama saya pak,” tanya Gunawan.

“Baik pak, saya tunggu sms kodenya ya pak. Sepertinya bapa adiknya Tupai, daya lompatan bapak kurang kencang pak,” ujar Intus.

“Maksudnya gimana pak,” tanya Gunawan.

“Maksud saya, Pak Gunawan kalau ikut Asian Games pasti tidak dapat emas pak, soalnya bapak lompat kurang kencang pak. Lebih banyak lagi belajar ya pak agar lompatannya kencang dan bisa dapat emas, sumbang untuk Negara ini,” tandas Intus.

Rupanya si Haji Gunawan tahu kalau aksinya tipunya diketahui. Ia lalu mematikan teleponnya.

Kepada SuaraFlores.Net, Intus menghimbau kepada pengguna kartu halo agar selalu berhati-hati menerima tawaran dari orang tak dikenal. Menurutnya, kejadian ini sudah berulangkali dialami oleh para pengguna kartu hallo.

“Ada teman saya yang pernah ditipu setelah mengikuti petunjuk orang yang mengaku karyawan telkomsel. Tagihanya kartu hallo perbulan membengkak tidak seperti biasanya. Ia lalu memutuskan untuk mengganti nomor kartu hallo,” kisahnya. (sfno2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *