Waspadalah! Terlalu Lama Duduk Dapat Membuat Orang Mati Muda

by -15 Views
Suara Flores

SUARAFLORES.NET—Banyak orang sering berlama-lama duduk di depan tv, tempat kerja atau pun di depan laptop karena pekerjaan menumpuk. Mereka lupa waktu istirahat bahkan lupa makan, minum air dan lupa berolahraga. Menghadapi kondisi ini sejumlah sumber menyarankan agar diperhatikan berbagai risiko terhadap kesehatan. Berbagai penyakit akan menyerang seseorang jika terlalu duduk bahkan dapat membuat seseorang mati muda.

Berbagai sumber menyarankan agar anda yang rajin nonton tv berlama-lama atau menghadap laptop karena pekerjaan menumpuk sebaiknya memperhatikan sejumlah saran kesehatan. Diantaranya, selalu berdiri, menarik badan dan keluar ruangan setiap 30 menit dan rajin minum air.

Dijelaskan bahwa Sofa atau kursi yang lembut dapat membuat seseorang nyaman saat duduk berlama-lama. Hal ini tidak berarti mendukung kesehatan anda. Terlalu lama duduk dapat berisiko tinggi terhadap kesehatan bahkan anda bisa mati muda.

Baca juga: ASI Utama Bagi Sang Bayi Bukan Pakaian atau Mainan Mahal

Seperti dilansir laman doktersehat,  anda disarankan agar dapat memperhatikan beberapa risiko yang mungkin bisa terjadi jika duduk terlalu lama hingga 8 sampai 10 jam dengan posisi yang sama. Sejumlah risiko karena terlalu duduk sebagai berikut:

Mati muda

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama anda duduk, maka semakin pendek pula usia anda. Ini dikarenakan duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolesterol. Risiko yang terjadi adalah anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

Sakit punggung

Kebiasaan duduk terlalu lama biasanya dialami orang-orang kantoran. Baik itu dinas pemerintahan maupun swasta. Sakit punggung merupakan salah satu akibat duduk terlalu lama. Bagian bawah atau pada bagian tulang belakang secara keseluruhan akan mengalami sakit.

Gangguan fungsi metabolic

Berdasarkan sebuah penelitian bahwa duduk terlalu lama sampai berjam-jam dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Efek yang ditimbulkan adalah terjadi penurunan kolesterol dalam tubuh. Ini akan mengakibatkan pada masalah kesehatan secara keseluruhan.

Meningkatkan risiko diabetes

Untuk kaum perempuan yang duduk selama 7 jam sehari memiliki risiko lebih tinggi terkena diabete tipe 2. Bila kebiasaan ini dilakukan rutin secara terus-menerus setiap hari, maka siap-siap untuk terkena penyakit ini.

Nyeri di leher

Duduk dalam posisi tegak berjam-jam akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher. Rasa sakit ini disebabkan karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.

Menanggapi fakta tersebut, Spesialis Penyakit Dalam di Kabupaten Sikka, dr. Asep Purnama, S.Pd memberi solusi untuk menghindari informasi membahayakan anda. Terdapat beberapa solusi yang harus dilakukan agar tidak mati mudah dan menderita risiko lainnya atau terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama, yakni;

Rajin Konsumsi Air Putih

Sama seperti kendaraan anda yang harus diisi bensin dan selalu ganti oli. Begitu juga tubuh manusia membutuhkan air yang banyak untuk kelancaran peredaran darah.  Rajinlan minum air setiap jam.

Melakukan peregangan setiap 60 menit

Langkah ini harus dilakukan agar otot dan tulang anda tidak kaku. Anda harus melakukan peregangan fisik dan otot kurang lebih setiap 60 menit.

Lihat jauh untuk mengistirahatkan otot mata

Mata butuh istirahat sama seperti bagian tubuh anda yang lain. Jika terlalu lama di depan laptop atau komputer anda disarankan sering keluar ruangan, melihat jauh, melihat pohon-pohon hijau yang rimbun di sekitar tempat kerja anda. Ini dilkukan agar mata tidak muda rusak atau menjadi tidak normal.

Berolahraga 30 menit sehari

Olahraga dapat membuat hidup anda lebih sehat. Rutin berolahraga setiap hati mengusir kuman-kuman penyakit melalui keringat yang keluar dari dalam tubuh. Hal ini disarankan jika anda terlalu lama duduk, maksimal 30 menit setiap hari anda harus berolahraga. Jika anda terlalu sibuk, ada bisa berdiri setiap 30 menit, mengambil air atau menghampiri rekan kerja untuk merilekskan tubuh sehingga tidak kaku. (sfn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *