Wujudkan Ekonomi Indonesia Maju, Jokowi Tingkatkan Kerja Sama dengan Arab Saudi

by -9 Views

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Kerajaan Arab Saudi, Minggu (14/4/2019) lalu. Selain menunaikan ibadah Umroh di Tanah Suci, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Muhammad bin Salman di Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas). Keduanya bersepakat akan meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, terutama bidang energi dan pariwisata.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi yang turut mendampingi Jokowi kepada media mengatakan, dalam pertemuan itu, Jokowi dan Raja Salman saling memberikan apresiasi. Jokowi menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi Jamaah Haji Indonesia, dan Raja Salman menyampaikan apresiasinya yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia. Ia juga mengapresiasi Indonesia atas kepemimpinannya di dunia Islam.

Menlu Retno Marsudi mengatakan, dalam pertemuan bilateral tersebut Indonesia dan Arab Saudi sepakat untuk membentuk mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan melakukan pertemuan setahun sekali.

“Indonesia-Arab Saudi juga sepakat segera melakukan pertemuan untuk membahas investasi dan kerja sama ekonomi lain,” kata Retno sambil menambahkan bahwa Arab Saudi tertarik melakukan kerja sama di bidang energi dan petro kimia. Hal ini disampaikan langsung oleh Putra Mahkota.

Menurut Retno, Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia ingin menjadi bagian dari pelaksanaan Vision 2030 Arab Saudi. Putra Mahkota menghargai stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik. Indonesia dinilai beruntung memiliki pemimpin yang jelas dan maju.

Turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, dan Staf Khusus Presiden Abdul Ghofarrozin.

Arab Saudi Apresiasi Indonesia di Kawasan

Sementera itu, diungkapkan Menlu Retno, ketika Jokowi melakukan pertemuan dengan Menteri Muda urusan Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Adel Al Jubeir di Royal Guest House, Riyadh, Minggu (14/4), pihak Kerajaan Arab Saudi sangat memuji kepemimpinan Indonesia di kawasan mupun di dunia. Hal itu disampaikan langsung Adel Al Juberi. Ia menyampaikan bahwa posisi Indonesia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang juga merepresentasikan kepentingan negara-negara Muslim.

“Dalam pertemuan tersebut dibahas antara lain bagaimana kedua negara meningkatkan kerja sama bilateral. Dari pihak Saudi menekankan banyak sekali posisi yang kurang lebih sama yang selama ini dimiliki Indonesia dan Saudi Arabia di berbagai isu,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai pertemuan.

Retno menuturkan, dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi dan Menteri Muda Urusan Luar Negeri Arab Saudi juga membahas mengenai kerja sama dalam rangka mensyiarkan Islam yang damai, Islam yang toleran, dan juga bekerja sama dalam konteks penanggulangan terorisme.

Selain itu, keduanya juga membahas masalah bagaimana Indonesia dan Arab Saudi dapat meningkatkan kerja sama dalam membantu mendukung perjuangan bangsa Palestina. “Seperti diketahui bahwa masa depan Palestina menjadi lebih sulit dan menjadi kewajiban bagi Saudi Arabia dan Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dan untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ungkap Retno.

Jokowi dan Keluarga Ibadah Umroh

Seusai melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Muhammad bin Salman dan Menteri Muda urusan Luar Negeri, Adel Al Jubair, Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo bersama kedua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep menunaikan ibadah umrah pada Senin, (15/4) pagi.

Pada kesempatan itu, Jokowi bersama Iriana, kedua putranya serta rombongan terbatas berkesempatan masuk ke dalam Kakbah. Usai masuk ke dalam Kakbah, Jokowi bersama rombongan melakukan Tawaf yang kemudian dilanjutkan dengan Salat Subuh berjamaah di depan Multazam.

Kemudian setelah salat, Jokowi bersama rombongan melaksanakan Sai. Mengakhiri ibadah umrah, Jokowi melakukan Tahalul pada pukul 06.37 waktu setempat. (Sp/BM/Ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *